Cara mengganti telur sriti dengan telur walet

Cara mengganti telur sriti dengan telur walet cukup mudah dan sederhana. Telur sriti yang masih berada di sarangnya  diganti dengan telur walet. Tujuan penggantian telur ini untuk mengelabui sriti agar mau mengerami telur walet sampai menetas. Di setiap sarang sriti di letakkan dua butir telur walet (yang beratnya sekitar 5,8 gram/butir). Hal ini berdasarkan jumlah telur yang dihasilkan oleh sriti yang nantinya akan mengerami telur walet sampai menetas. Jika penempatan telur walet jumlahnya kurang, kemungkinan si sriti curiga dan calon induk asuh ini enggan untuk mengerami. Untuk mendapatkan hasil terbaik, umur telur walet yang akan ditetaskan induk sriti kurang dari 4 hari atau kondisi telur masih baru (fresh). Telur yang umunya lebih dari 4 hari sebaiknya ditempatkan di dalam mesin tetas. Jika tidak, daya tetas telur cenderung rendah.

    Telur walet yang akan digunakan untuk mengganti telur sriti harus dalam keadaan fertil atau sudah mengandung embrio. Telur fertil ditandai dengan adanya titik hitam dan urat-urat halu yang bergerak mengelilinginya. Telur infertil atau tidak mengandung embrio ditandai dengan titik hitam tanpa ada urat yang bergerak mengelilingi. Di samping harus fertil, telur walet harus bagus dan tidak retak. Telur yang retak bisa mengundang kehadiran semut, cicak, dan tokek yang merupakan hama pengganggu bagi walet. Peletakan telur walet ke dalam sarang sriti sebaiknya menggunakan alat bantu seperti sendok nasi (centong) dan sarung tangan. Jika menggunakan dengan tangan telanjang dikhawatirkan sriti enggan mengerami karena telur walet “bau tangan”.

    Ketika memasukkan telur walet ke dalam sarang sriti posisi telur harus diperhatikan. Sebaiknya posisi telur harus sama dengan posisi telur sriti sebelum diganti telur walet. Waktu meletakkan telur walet ke dalam sarang sriti sebaiknya siang hari ketika sriti keluar mencari pakan. Namun, jika terpaksa memasukkan telur walet saat sriti masih berada di sarang pun tidak menimbulkan masalah. Pasalnya, saat telurnya  diganti, sriti akan terbang sebentar, kemudian kembali lagi.