Lokasi yang tepat untuk burung walet

Kesuksesan didalam budidaya walet di antara hal pentingnya yaitu lokasi yang ideal. lokasi yang populasi waletnya sedikit apalagi barangkali tak ada sekalipun pasti tidak pas untuk didirikan rumah walet.

Akibat penentuan lokasi yang sembarangan serta tidak pas banyak gedung yang sudah dibangun sesudah bertahun-tahun tetap kosong melompong.

Untuk penentuan lokasi bisa menggunakan nada type test lokasi. peroleh nada test lokasi dimember area. pengetesan lokasi bisa dikerjakan pada saat sore hari takala burung walet mulai kembali ke sarangnya.

Untuk kepentingan ini pakai satu maupun dua tweeter yang diikatkan diujung pipa maupun bambu.
kekuatan burung walet saat menjelajah ke lokasi pakan relatif jauh apalagi berjarak beberapa puluh km..
bukti bahwa walet tersebar di beragam lokasi yaitu ditemukanya koloni walet yang berterbangan saat pagi maupun sore hari di beragam area.

Koloni burung walet pada sore hari kembali ke area sarangnya baik ke rumah walet ataupun kembali ke gua-gua.
lokasi yang bagus untuk membangun rumah walet yaitu :

1. lokasi sentra walet ( lokasi yang banyak rumah waletnya )
2. lokasi lintasan walet ( lintasan koloni walet menuju lokasi pakan )
3. lokasi sumber pakan walet ( dapat rimba maupun persawahan yang subur ).

Biasanya orang dapat menentukan lokasi yang mempunyai kesempatan sangat besar, yakni sentra walet supaya rumah walet yang dibangun segera dihuni burung walet.
tak hanya sentra walet lokasi yang banyak diminati yaitu lokasi pakan, alasan penentuan lokasi ini yaitu jumlah populasi walet yang justru semakin banyak dari pada sentra walet.

Perihal ini karena lokasi sumber pakan didatangi oleh koloni walet dari beragam sentra walet maupun koloni walet yang menempati gua. lokasi yang terahir yang tetap diminati yaitu lokasi lintasan koloni walet menuju sumber pakan. biasanya lokasi yang dipilih berjarak berjarak lebih kurang 1 km dari lokasi sentra walet.

Dipandang dari perihal tersebut di atas pantas dipertimbangkan sebelum saat membangun rumah walet